CARA MEMBUAT PUDING KOPI MOKA

KOKITIPS CARA MEMBUAT PUDING KOPI MOKA
Puding Kopi Moka perlu anda mencobanya, karena rasanya moka dan kopinya begitu nikmat dan lezat. Penasaran untuk mencobanya, ini bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan:
Puding Kopi:
- Agar-agar bubuk putih 1 bungkus (7 gram)
- Air 600 ml
- Kopi instan 1 sendok makan
- Gula pasir 75 gram
Semua bahannya dicampur, lalu didihkan sambil diaduk

Puding Moka:
- Agar-agar putih 1 bungkus (7 gram)
- Gula pasir 150 gram
- Susu cair 300 ml
- Kopi instan 2 sendok makan, larutkan dalam 100 ml krim kental (double cream)
- Putih Telur 4 (160 ml)
- Rum 2 sendok makan

Hiasan:
- Krim kocok (whipped cream)
- Biji kopi/Potongan agar-agar kopi

Cara Membuatnya:
  1. Siapkan loyang bundar diameter 20 cm tinggi 7 cm dan loyang persegi 10x27x3 cm.
  2. Puding Kopi : Tuang 200 ml adonan kedalam loyang bundar. Sisihkan 200 ml adonan, jerangkan diatas api kecil agar tetap cair. Tuang sisa adonan (+/- 200 ml) ke loyang persegi. Biarkan mengeras. Keluarkan dari loyang. Potong-potong 1/2x1x7 cm.
  3. Olesi salah satu sisi potongan dengan adonan puding kopi panas. Atur potongan puding di sekeliling loyang dengan jarak 1 cm.
  4. Puding Moka : Campur agar-agar, gula, dan susu, didihkan diatas api sedang. Masukkan larutan kopi-krim sambil diaduk.
  5. Kocok putih telur dengan mikser kecepatan tinggi hingga kaku. Turunkan kecepatannya ke sedang, sambil tetap dikocok, masukkan sekaligus adonan puding moka. Bubuhkan rum, aduk.
  6. Pelan-pelan tuang adonan agar-agar moka kedalam loyang berlapis potongan puding kopi, hingga 1/2 cm dari permukaan loyang. Sisihkan sampai agak mengeras.
  7. Tuangi sisa adonan agar-agar kopi, biarkan hingga mengeras. Lepaskan dari loyang, hias dengan krim kocok dan potongan puding. Sajikan dengan saus vanila.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © RESEP KOKI | Powered by Blogger | KOKITIPS