Resep Membuat Ayam bakar khas wong Solo

Resep ayam bakar khas wong Solo yang empuk dan lezat

Tentu hampir setiap orang telah mengenal kelezatan dari salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat digemari ini. Setelah membahas berbagai menu masakan dari luar negeri, kini tabloid kuliner ingin memberikan salah satu resep cara membuat ayam bakar khas wong solo yang empuk dan lezat.
Selain memiliki tekstur yang lembut dengan bumbu yang meresap hingga ke bagian dalam, rasa serta aroma yang dihasilkan pada saat proses membakar pasti akan langsung membuat selera makan Anda tergugah. Nah, untuk dapat mencoba ayam bakar khas Solo ini tentunya Anda tak perlu repot-repot harus pergi ke kota Solo karena Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah dengan resep dari tabloid kuliner. Nah, lalu bagaimana proses membuatnya dan bumbu serta bahan-bahan apa sajakah yang diperlukan dalam membuat resep ayam bakar wong Solo ini?. Berikut adalah cara pembuatannya:


Bahan-bahan membuat ayam bakar khas Solo:
1 ekor ayam dengan ukuran sedang yang dipotong menjadi 6 atau 8 bagian sesuai selera
2 batang sereh yang di peprek atau dimemarkan
4 lembar daun salam
4 cm lengkuas yang dimemarkan
1 sendok makan air asam jawa
10 sendok makan kecap manis
35 gram gula merah
500 mililiter air kelapa (air dari sebutir kelapa)

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 cm kunyit
3 cm jahe
6 butir kemiri
1/4 sendok teh jinten
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok makan garam

Cara membuat ayam bakar khas Solo:
  • Pertama-tama panaskan wajan di atas kompor dengan api sedang dan masukkan semua bumbu halus bersama dengan daun salam, sereh dan juga lengkuas hingga tumisan beraroma dan berubah warna.
  • Proses selanjutnya adalah masukkan potongan-potongan ayam sambil diaduk kemudian masukkan air asam jawa, kecap serta gula merah. Sambil diaduk-aduk kemudian tuang perlahan-lahan air kelapa dan masak potongan-potongan ayam teksturnya berubah menjadi matang. Angkat potongan ayam dan pisahkan kuahnya sebagai bahan bumbu bakar.
  • Setelah ayam menjadi matang kemudian bakar diatas bara api hingga warnanya berubah menjadi agak kecoklatan. Lumuri potongan-potongan ayam dengan kuah yang tadi sudah dipisahkan dan bakar kembali hingga semua bagian matang dengan sempurna kemudian angkat. Sajikan diatas piring bersama nasi hangat dan potongan mentimun, selada, kubis dan sambal.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © RESEP KOKI | Powered by Blogger | KOKITIPS