Resep Membuat Nasi Uduk Khas Jakarta (Betawi)

KOKITIPSResep nasi uduk khas Jakarta (Betawi) merupakan salah satu resep yang sudah begitu jamak untuk bisa didapatkan, terutama di Jakarta, tempat dimana nasi uduk pertama kali dibuat. Nasi uduk merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar nasi putih yang biasanya disajikan bersama irisan telur, daun bawang, emping, ayam, dan lain sebagainya. Nasi uduk memiliki sedikit berbeda dengan nasi kebuli, hanya saja jika nasi kebuli menggunakan kaldu kambing saat ditanak, sedangkan nasi uduk menggunakan santan sehingga rasa yang dihasilkan pun menjadi gurih.
 
Setelah menulis resep ayam rica-rica khas Manado pada artikel sebelumnya, kini tabloid kuliner telah menyiapkan resep berikutnya, yaitu nasi uduk Jakarta. Dalam membuat nasi uduk sangatlah mudah dan lebih sederhana dan tidak memerlukan banyak alat-alat memasak sebab dalam pembuatan nasi uduk tidak ada bumbu-bumbu dihaluskan. Nah, bagi Anda pecinta nasi uduk yang ingin membuatnya sendiri, 


Bahan-bahan nasi uduk Jakarta/Betawi:
450 gram beras putih dengan kualitas tidak terlalu pulen
450 ml santan dari 1 butir kelapa parut
7 biji cengkeh
6 cm kayu manis
1 biji pala yang telah dimemarkan
4 cm lengkuas yang telah dimemarkan
2 batang serai yang telah dimemarkan
1 ruas jahe yang telah dimemarkan
1/2 sendok teh garam

Cara membuat nasi uduk Jakarta/Betawi:
- Beras putih cuci dan bilas hingga bersih kemudian rendam didalam panci berisi air selama kurang lebih 1/2 jam lalu tiriskan dan dikukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga menjadi setengah matang kemudian pisahkan.
- Didihkan santan dalam sebuah panci lalu masukkan bunga pala bersama kayu manis, cengkeh, pala, jahe, lengkuas dan sereh yang tadi sudah dimemarkan kemudian masukkan aronan tersebut secara perlahan. Sebagai indikator perbandingan yang proporsional, ketinggian santan berada kurang lebih 5 cm atau 1 ruas jari agar aronan benar-benar tanak. Proses ini biasanya memakan waktu dari 45 menit hingga 1 jam.
- Masak terus hingga santan mengering. Saat santan tinggal sedikit, gunakan api yang sedang agar nasi tidak gosong pada bagian bawahnya.
- Saat nasi uduk telah matang, sajikan saat masih hangat bersama bawang goreng, sambal kacang, emping, irisan telur dadar dan lain sebagainya sesuai selera. Sajikan untuk 7 orang.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © RESEP KOKI | Powered by Blogger | KOKITIPS