Resep Membuat Sayur Asem Jakarta

Kokitips:Resep sayur asem Jakarta dan cara membuatnya, pada kesempatan kali ini tabloid kuliner akan memberikan resep asli dari Indonesia, tepatnya dari ibukota Jakarta. Sayur asem merupakan makanan khas Indonesia yang terbagi dalam berbagai versi, yaitu ada sayur asem Sunda, sayur asem Jawa dan juga sayur asem dari Jakarta dengan komposisi bahan serta cita rasa yang memiliki perbedaan satu sama lainnya.
 
Sayur asem merupakan sayur yang sarat akan kandungan gizi dan vitamin yang berasal dari sayur-sayuran yang terdapat didalamnya. Selain memberikan efek menyegarkan tubuh, kuah beserta sayur-sayuran yang terdapat dalam sayur asem juga sangat enak jika disantap bersama lauk tempe goreng, ikan asin, ayam goreng dan sambal yang sangat cocok jika dihidangkan bersama dengan nasi hangat. Wah, membayangkannya saja sudah terasa kelezatannya bukan bukan?
 
Baiklah, bagi Anda yang sudah ingin mencoba resep sayur asem Jakarta, maka ada baiknya terlebih dahulu Anda menyiapkan bahan-bahan serta bumbu yang akan digunakan untuk membuat sayur asem. Adapun bumbu serta bahan-bahan sayur asem adalah sebagai berikut:

Resep sayur asem Jakarta - www.tabloidkuliner.com
Sayur asem Jakarta
Bahan-bahan sayur asem:

10 buah kacang panjang
sepotong nangka muda
4 buah jagung muda (jagung manis atau jagung biasa)
50 gram daun melinjo (atau secukupnya)
1 buah terong ungu
1 buah labu siam
150 gram kacang tanah
4 gelas kaldu ayam (1200 cc)
4 lembar daun salam
10 asam muda
5 buah belimbing wuluh

1 sendok teh penyedap rasa
1/4 sendok teh gula pasir


Bumbu-bumbu sayur asem yang dihaluskan:

5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
6 buah cabai merah
1 sendok makan garam

Cara pembuatan sayur asem:
  • Cuci bersih semua bahan bumbu dan sayuran kemudian sayuran di potong-potong dengan pisau dengan ukuran 4-5 cm (berukuran sedang).
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan semua bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan penyedap rasa dan gula pasir kedalam air kaldu yang dididihkan.
  • Setelah mendidih kemudian masukkan semua sayuran yang memiliki tekstur keras terlebih dahulu seperti nangka, jagung muda, labu siam, asam dan juga kacang tanah. Setelah sayuran menjadi setengah matang, lalu perlahan-lahan masukkan semua sayuran yang tersisa bersama dengan belimbing wuluh (belimbing besi). Masak semua sayuran hingga matang.
  • Setelah matang, sayur asem Jakarta pun siap untuk dihidangkan bersama anggota keluarga. Sajikan untuk 4-5 orang.
Demikianlah sedikit tips sederhana mengenai cara pengolahan sayur asem yang bisa Anda coba saat bersantai dirumah. Jangan lupa juga untuk menyajikannya bersama dengan tempe goreng, sambal dan ikan asin agar sayur asem menjadi lebih lezat. Disamping resep sayur asem, Anda juga bisa mencoba untuk membuat resep ayam bakar khas wong Solo yang terkenal sangat lezat pada artikel sebelumnya. Selamat mencoba.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © RESEP KOKI | Powered by Blogger | KOKITIPS